Sponsor

Minggu, 13 Juni 2010

Agar Doa Mustajab

Agar Doa Mustajab

Dalam kesempatan kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara agar doa kita mustajab.

Memang dalam Islam kita diperbolehkan berdoa dalam keadaan apapun. Ketika shalat, berdiri, duduk, berbaring, bahkan saat kita sedang lari pun dapat berdoa. Dan Allah pasti akan mengabulkan doa kepada orang-orang tersebut asalkan ia yakin bahwa doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Itu menurut beberapa pendapat. Namun perlu anda ketahui, bahwa sesungguhnya jika kita menelaah lebih lanjut sebenarnya berdoa itu ada tata caranya tersendiri agar doa mustajab. Dalam kitab Al-Adzkar disebutkan bahwa ada 10 cara yang dapat kita lakukan agar doa menjadi terkabulkan.

1. Memilih waktu-waktu yang dimuliakan. Meski pada dasarnya semua waktu itu adalah mulia, namun Islam sendiri telah menetapkan beberapa waktu yang lebih utama dibandingkan waktu lainnya.

Seperti : hari arafah, bulan Ramadan, hari jum’at, 2/3 malam, dan waktu sahur. Maka berdoalah pada waktu-waktu seperti itu karena lebih utama dibandingkan dengan waktu-waktu yang biasanya

2. Memilih keadaan yang dimuliakan. Seperti : ketika sujud, perang, ketika turun hujan (karena ketika hujan Allah menurunkan banyak rahmat), ketika iqomah dan setelahnya.
3. Menghadap kiblat dan menengadahkan kedua tangan setelah itu mengusapkan ke muka.
4. Melirihkan suara ketika berdoa.
5. Jangan melagukan doa kita dan kalau bisa pilihlah doa yang dinukil dari Nabi atau doa yang biasa dibaca oleh Nabi. Berdoalah dengan rendah hati, tawadhu’, dihayati, bukan dengan memfasihkan doa. Bahkan menurut ulama’, berdoa itu jangan lebih dari 7 kalimah. Ambillah doa yang terdapat pada akhir surat Al-Baqarah (Rabbana laa tu’akhidhnan innasiinaa aw akhhtho’na…….al-ayat)
6. Berdoa secara khusyu’, penuh rasa takut, dan mendekatkan diri pada Allah.
7. Yakin bahwa do’anya pasti akan dikabulkan. Bahkan seburuk-buruknya makhluk Allah seperti iblis pun doa’anya dikabulkan oleh Allah.
8. Mengulang-ulang doa kita dan tidak mudah putus asa.
9. Mengawali doa dengan berdzikir kepada Allah.
10.Yang terakhir dan ini adalah yang paling penting agar doa mustajab di antara cara-cara di atas, yaitu taubat.